6 Tanaman yang Anda Butuhkan di Kamar Tidur untuk Tidur yang Lebih Baik

Miskin tidur bisa disebabkan oleh sejumlah hal, seperti stres, terlalu banyak kafein dan bahkan penggunaan ponsel larut malam. Kurang tidur dapat mengganggu pikiran jadi tidak fokus dan membuat sakit kepala.  Percaya atau tidak, sebenarnya ada sejumlah tanaman yang telah terbukti membantu menginduksi tidur.

6 Tanaman yang Anda Butuhkan di Kamar Tidur Anda untuk Tidur yang Lebih Baik
Bunga Kacapiring (Gardenia)

Cukup berbau bunga memiliki kemampuan untuk membuat Anda bebas dari rasa lelah dan grogi. Setelah menguji efek gardenia  pada tikus, sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa bunga ini memiliki efek yang sama dengan valium pada neurotransmiter di otak yang dikenal dengan GABA. Banyak orang di Eropa bahkan mulai melengkapi obat tidur mereka dengan bunga gardenia.

Melati

Bau telah ditemukan memiliki efek kuat pada sistem saraf pusat kita. Aroma Jasmine telah terbukti membantu mengurangi kecemasan – membantu Anda mencapai tidur yang lebih dalam dan lebih nyenyak. Belum lagi, bunga pink dan putihnya yang lembut akan mencerahkan kamar tidur setiap hari.

Lavender

Warnanya yang indah dan alami bukanlah satu-satunya hal yang akan membuat Anda merasa tenang dan santai di malam hari. Sebagai salah satu aroma yang paling populer di lotion tangan, kabut tubuh dan sabun, bau lavender dapat membantu mengurangi kecemasan dengan memperlambat denyut jantung Anda dan menurunkan tekanan darah Anda.  Selain itu bunga  lavender dapat mengusir nyamuk yang selalu mengganggu tidur anda.

Lidah buaya

lidah buaya adalah solusi sempurna untuk insomnia. Tanaman ini perawatannya rendah karena membutuhkan sedikit penyiraman, bisa tetap di pot yang sama selama bertahun-tahun dan tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Salah satu alasan orang mengalami kesulitan tidur adalah karena kamar mereka “pengap” di malam hari. Hal ini terutama terjadi di musim dingin ketika rumah tutup selama berbulan-bulan. Lidah buaya memancarkan sejumlah besar oksigen di malam hari, yang dapat membantu memerangi insomnia. NASA bahkan menamai lidah buaya di daftar tanaman indoor terbaik untuk meningkatkan kualitas udara.

 Peace Lily

Peace lily juga sangat indah untuk ruangan manapun, untuk rangkaian bunga jenis ini bisa anda dapatkan di http://www.etalasebunga.com, bunga bakung jenis ini juga ada di daftar tanaman indoor teratas di NASA.Peace Lily dapat membantu menyaring bahan kimia berbahaya yang ditemukan dalam produk pembersih rumah tangga biasa, seperti benzene, trichloroethylene, dan formaldehyde. Tanaman ini sangat berguna di musim dingin ketika kelembaban rumah bisa berada pada titik terendah sepanjang waktu. Kelembaban yang dilepaskan dari daun bunga bakung bisa meningkatkan tingkat kelembaban ruangan hingga 5%. Hal ini bisa mengurangi kemungkinan terjaga sesak, dengan sakit tenggorokan atau menderita alergi.

Lidah mertua

Tanaman lain yang mudah dirawat dan memiliki manfaat kesehatan yang besar adalah tanaman lidah mertua. Tanaman ini hanya perlu disiram dua kali seminggu, dan juga membutuhkan sedikit sinar matahari – membuatnya sangat cocok untuk apartemen dan ceruk kecil. Studi telah menunjukkan bahwa kadar oksigen yang tinggi dapat menyebabkan tidur nyenyak. Seperti kebanyakan tanaman lainnya, tanaman yang berbentuk seperti ular ini menarik karbon dioksida dari udara dan mengubahnya menjadi oksigen. Yang terbaik, tanaman lidah mertua juga membersihkan racun di udara seperti formaldehid, trichloroethylene dan benzene.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s